Senin, 21 Desember 2015

Perjalanan Mencari Universitas

Bingung mau kuliah dimana? Bingung mau kuliah aja atau sambil kerja? Bingung mau ambil kuliah jurusan apa? semoga pengalaman saya ini bisa dijadikan referensi untuk kamu. Sebelumnya saya ingin memperkenalkan riwayat hidup saya terlebih dahulu *tak kenal maka tak sayang* jadi kita harus kenalan dulu ya.
nama saya... gausah disebut deh yaa ga ada gunanya. Saya lulus SMA thn 2013 dan sebagai remaja labil tentu mengalami kegalauan berat antara kuliah, kerja atau bahkan keduanya. Ditengah kegalauan itu nyokap bagai Dewi Sri datang dan berkata "Pilih kuliah yang gratis yaa, kuliah gak usah bayar-bayar." dan nyokap nyuruh saya untuk daftar PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan). Dan pilihan pertama saya jatuh kepada... Jeng...Jeng...Jeng

1. STIS (SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK)
Gedung Baru STIS
 Ini adalah sekolah kedinasan pertama pilihan Ibu saya tercinta, sekolah ini merupakan ikatan dinas. Jadi lulus dari sana kalian sudah diangkat menjadi PNS di BPS gol III/a. Saya sendiri kurang tertarik untuk jadi PNS *abaikansaya* maunya kerja yang tidak terikat wkwk. akhirnya karena mengulur waktu terus saya batal daftar. Namun, untuk kalian yang ingin daftar bisa lihat link dibawah ini:

https://www.stis.ac.id/admission-not-yet.html

Nah, ini penampakan "mantan" calon sekolah saya hehe. Silakan dicoba :) untuk biaya sekolahnya gratis

2. STP JAKARTA (SEKOLAH TINGGI PERIKANAN)

Sekolah kedinasan ini masuk kedalam list "bakal" universitas saya nanti. Masuk ke Kuliah ini serasa menjadi taruna *emang iya* kalau mau jadi pejantan tangguh silakan kuliah disini. Jangan lupa untuk perempuan siap-siap dipotong bondol :) oh iya kala itu saya sudah mampir kesana untuk kepo-kepo. Menurut jubir disana *Bapak Security* biaya masuk kesana 7jt dan biaya persemester 60rb data itu menurut thn 2013 yaaa. So... harga tersebut saya rasa termasuk murce bila dibandingkan dengan harga universitas lain.


Ini nih penampakan taruna-taruna muda, yang cewe mana fotonya? oh tidak perlu, saya kan cewe jadi gausah masukin foto taruninya yaa. Cukup Tarunanya aja. Awesome sekali wkwk
Sayangnya... dibulan agustus Ayah saya berubah pikiran, beliau tidak rela melihat anak gadisnya jadi taruni, jadilah saya batal ujian disini.

oh iya, kalau adek-adek emesh mau lihat kampusnya silakan klik link dibawah ini:
http://www.stp.kkp.go.id/



3. POLTEKKES III JAKARTA

Saat itu cewe-cewe angkatan saya lagi gandrung dengan kuliah kebidanan, jadilah saya terpancing dan akhirnya ikut-ikutan daftar. Saya daftar dua prodi disini yaitu kebidanan dan orthopedi, namun, seperti yang sudah diduga oleh saya. Saya akhirnya tidak jadi ikut ujian disini. Entah mengapa di hari H tes saya merasa Poltekkes bukan jalan saya, ada sesuatu yang menunggu saya.

So... buat yg ingin masuk kesehatan. inilah saatnya karena Poltekkes pun merupakan salah satu kampus yang bergengsi. Untuk yg berminat bisa dicek disini, adminnya baik banget dan mau membantu. So... kalau kalian butuh bantuan hubungi langsung aja ke adminnya.

www.poltekkesjakarta3.ac.id/


















 4. STAN (SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA)


Salah satu PTK bergengsi di Indonesia, terinspirasi kepada Om saya yang alumni STAN dan kini telah hidup bahagia selamanya, nyokap bersikeras nyuruh saya daftar disini. Setelah 3 PT dan semuanya ga jadi daftar akhirnya saya fokus ujian di STAN dan pasrah (saya ga terlalu suka hitung-hitungan soalnya). Tes pertama adalah seleksi akademis dari pagi-malem. Peminatnya banyak banget, sayangnya lagi-lagi saya tidak ikut tes tahap 2 dikarenakan takut lolos *pede ya?* bukan, tapi kerena saya sudah diterima di kampus impian saya. oh iya untuk STAN ini saya ikut ujian D3 dan D1 nya.

yang mau kepo-kepo klik ini stan.ac.id


5. Universitas Indonesia 

Setelah daftar di STAN, saya ikut ujian SIMAK UI. Saat itu orangtua saya kurang setuju saya mendaftar di UI, Kenapa? karena bayar wkwk. Orangtua saya ingin saya masuk kuliah ikatan dinas yang saat lulus langsung diangkat jadi PNS. Namun hati ini masih bimbang, hayati mau coba UI :') akhirnya saya nekat gadai netbuk satu-satunya untuk daftar SIMAK UI. Hasilnya? Alhamdulillah Allah Maha Baik.

Karena sudah keburu diterima di UI saya pun mengikhlaskan STAN untuk teman-teman yang lebih butuh *alibi* 

nih yang mau kepo kepo tentang UI

www.ui.ac.id/




Itulah 5 Universitas impian saya dan orangtua saya, walaupun yang saya ikuti ujiannya hanya satu universitas. Untuk kalian-kalian yang masih SMA semangat yaaaa. Kalian masih banyak pilihan dan kesempatan, jangan menyerah. Walaupun kalian dari SMA grade A,B, atau C kalian punya kesempatan yang sama. 


“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world - See more at: http://duniabaca.com/10-kata-bijak-inspiratif-dari-nelson-mandela-bahasa-inggris-dan-indonesia.html#sthash.SMPMLdGF.dpuf

 "Education is the most powerful weapon which you can use to change the world"-Nelson Mandela


“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world - See more at: http://duniabaca.com/10-kata-bijak-inspiratif-dari-nelson-mandela-bahasa-inggris-dan-indonesia.html#sthash.SMPMLdGF.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar